Untuk mengunduh modul praktikum Teknik Tenaga Listrik silahkan klik disini

Tugas pendahuluan dapat di lihat dengan memilih link dibawah ini :

TP Modul 1 | TP Modul 2 | TP Modul 3 | TP Modul 4

Untuk melihat jadwal praktikum kelompok klik disini

Untuk melihat Tutam silahkan ke link dibawah ini:

|| Modul 1|| Modul 2 || Modul 3 || Modul 4 ||

semua laporan ditulis tangan kecuali ada pemberitahuan disoal.

semua artikel dan jurnal dikumpulkan dan dikirim ke lkel.ui@gmail.com. JURNAL & ARTIKEL HARUS BEDA TIAP ORANG!!!
MOHON PERHATIAN:

LPJ praktikum TTL ditiadakan, diganti dengan tugas membuat Jurnal.

Tiap kelompok diberikan judul jurnal tiap modul.
Tugas Tambahan
22 Oktober 2008
Kelompok 9


  1. Mengapa pada percobaan alat ukur Watt meter di letakkan pada rangkaian primernya? Kenapa tidak diletakkan di rangkaian sekundernya? Berikan penjelasan!
  2. Mengapa pada trafo yang menggunakan frekuensi tinggi diperlukan pendingin? Jelaskan! Dan sebutkan pendingin apa aja yang sering digunakan beserta system yang digunakan? Jelaskan pula!!
  3. Mengapa pada gambar rangkaian ekivalen trafo (sebelum digabung antara rangkaian primer dan sekundernya) letak yang menggambarkan inti (yang ada Rc dan jXm) dari trafo selalu berada di sisi primer? Bisa atau tidak jika di taruh di sisi sekundernya? Beri penjelasan! Kenapa juga tidak di taruh di kedua sisinya?
  4. Sebutkan material bahan apa saja yang sering digunakan dalam inti pada trafo? Jelaskan alas annya dari material bahan yang digunakan tersebut! Sertakan artikel lebih baik ada nilai plusnya!!
  5. Cari jurnal yang berkaitan dengan “trafo uji”. Buat resume, masing – masing orang beda jurnal, sertakan linknya juga, lampirkan jurnalnya juga!!
  6. 6. Sebuah generator dari pusat pembangkit di suralaya menghasilkan tegangan yang besarnya 1706 V, 50 Hz. Untuk mendistribusikan daya yang dihasilkan yang berada di Jakarta harus melewati saluran transmisi dengan impedansi Zline=3,8 + j1,6 Ohm dengan impedansi beban Zload= 18 + j6,6 Ohm..
    a. Cari tegangan pada beban, arus pada beban dan hitung lossesnya?
    b. Jika pada transmisi tersebut diberikan trafo step up yang ditempatkan di awal transmisi (yang dekat pada sumber tenaga) dan trafo step down yang diletakkan di akhir transmisi (yang dekat pada beban), berapa besarnya tegangan pada beban, arus pada beban dan juga lossesnya jika pada :
    1. Nilai trafo step up 3:10 dan trafo step down 10:3
    2. Nilai trafo step up 5:17 dan trafo step down 17:5
    3. Nilai trafo step up 7:15 dan trafo step down 15:7
    4. Nilai trafo step up 3:20 dan trafo step down 20:3
    Untuk point b pilih salah satu aja, masing – masing orang beda.
  7. Pada salah satu applikasinya transformator biasa digunakan pada stabilizer, jelaskan prinsip kerjanya? Cari artikel pendukung!!
  8. Mengapa pada percobaan saat praktikum beban inductor dan resistor dipasang secara seri lalu dihubungkan secara pararel dengan kapasiotor? Kenapa ga di serikan saja ketiganya atau dipararelkan ketiganya? Berikan penjelasan!!
  9. Mengapa Cos Φ meter dipasang di rangakaian sekundernya? Kenapa ga dipasang dirangkaian primernya saja? Berikan Penjelasan!!
  10. Cari jurnal yang berkaitan dengan “efisiensi konstruksi pada trafo untuk mengurangi losses2”, lampirkan jurnalnya!! Sertakan link dan tiap orang beda, mengurangi losses kan banyak cara jadi pastinya jurnalnya beda-beda dunk!!
  11. Sebuah transformator 1 fasa 110 VA 220/12 Volt dihubungkan sebagai oto-transformer penaik tegangan, dengan tegangan pada sisi primer 220 Volt dan sisi sekunder 232 volt.
    a. Gambarkan secara skematis perubahan transformator tersebut!
    b. Hitung besarnya daya semu oto – transformer tersebut dan rasio perbandingannya dibandingka dengan transformator konvesional!!
  12. Pertanyaan bonus, sebutkan nama-nama asisten LKEL angkatan 2001. Ga di jawab ga apa – apa tapi kalau di jawab ada nilai tambah lah…
  13. Selamat mengerjakan, selamat belajar juga, selamat UTS juga..